Saturday, March 16, 2013

Tehnik pembesaran Lobster Air Tawar


Tehnik pembesaran lobster yang paling bagus untuk lobster konsumsi adalah di kolam tanah, cepat tumbuh besar karena banyak sumber makanan alami, kalau kolamnya besar tidak perlu banyak memasang pipa paralon, hanya kendalanya kalau pinggiran kolam tanahnya tidak dipasang trepal lobster banyak yang kabur, kemudian lobster sering merusak pematang kolam, sering bikin bocor.

Kami membesarkan lobster dari juvenil sampai ukuran konsumsi  kebanyakan di kolam semen, karena mudah di kontrol, airnya gampang di buang kalau sudah agak kotor, gampang memilah-milah antara lobster yang jantan dan betina yang sudah agak besar, karena dikawatirkan akan terjadi perkawinan sedarah (inbreeding), dan juga seandainya ada wabah, atau hama lobster tidak akan langsung merusak seluruh kolam, bisa cepat di antisipasi.

Anakan Lobster ukuran korek api usia seminggu






Dalam kurun waktu dua bulan lobster yang dibesarkan di kolam semen kurang lebih berukuran 5 cm. Diberi pelet lobster dan pakan alami berupa potongan keong mas. Kita kasih pelet di pagi hari jam 8 pagi dan sore hari dengan jumlah yang lebih banyak. Idealnya pakan yang diberikan kurang lebih 3% dari berat badan lobster. Tapi susah untuk mengukurnya, maka kita lihat pelet yang telah kita kasih tadi malam banyak sisanya atau sudah habis, jika sisanya sedikit maka komposisi pelet yang kita berikan cukup.



Anakan lobster ukuran 5 cm













Untuk yang memakai sumber air dari sungai sebaiknya anda memakai stor bak, atau bak penampungan air sementara dengan memakai saringan, karena kendala kami ketika tidak memakai stor bak/ penampungan air, kolam cepat penuh dengan lumpur dari sungai, hampir setiap minggu lumpur harus di buang, kemudian banyak hama yang masuk ke kolam, terutama ikan mujair yang akan memakan pelet lobster dan lobster yang  berukuran kecil.

Stor bak/ penampungan air














Sesudah lobster berukuran agak besar diatas jempol kaki, kita harus cepat menyiapkan sarang untuk berlindung lobster, pasang pipa paralon sejumlah lobster yang ada di kolam dan dilebihkan sedikit. Agar lobster dengan sifatnya yang kanibal tidak saling memakan satu sama lainnya.  Yang perlu diperhatikan ketika ukuran lobster bertambah besar sementara cangkangnya tetap, harus berganti kulit, lobster yang lagi molting dalam keadaan yang sangat lemah, harus kita lindungi agar tidak dimangsa sama lobster yang lain.

Dalam waktu 7 bulan lobster yang kita besarkan sudah cukup untuk ukuran konsumsi  1 kg berisi 10 sampai 12 ekor, dengan resiko kematian 20% selama pembesaran.

Anakan Lobster yang siap untuk di jual buat pembesaran













Bagi anda yang mau mencoba beternak lobster air tawar, saya sarankan mulai dari tehnik perkawinan jangan beli anakan, agar bisa menekan modal yang ada. tehnik pemijahan  lobster air tawar lebih mudah dari tehnik pemijahan ikan gumare, resiko kematian ikan gurame lebih tinggi dari lobster air tawar. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment