Wednesday, February 27, 2013

Memilih Indukan Lobster yang unggul

Memilih bibit unggul dalam beternak apapun adalah hal yang paling penting sebelum proses pembibitan, seperti halnya juga memilih indukan lobster yang unggul akan menghasilkan anakan yang unggul juga, yang tumbuh cepat besar, sehat dan produktif untuk dijadikan calon indukan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih calon indukan lobster. Pertama jangan memilih indukan lobster yang sedarah atau inbreeding, karena akan menghasilkan anakan yang berkelamin ganda ( hermaprodite), dari segi penampilan fisik, pilihlah yang warnanya cerah, aktif, kelihatan sehat, dari usia minimal 6 bulan yang matang secara seksual, semakin tua usia indukan lobster semakin bagus, karena dari fisik semakin besar, semakin banyak menghasilkan jumlah telur, indukan bisa bertahan sampai usia 3-4 tahun dengan panjang bisa mencapai 20-25 cm. Untuk indukan betina pilihlah kepala yang lebih kecil dari badannya, dan untuk indukan jantan sebaliknya, pilih kepala yang lebih besar dari badannya.  Ciri selanjutnya untuk betina lubang kecil di tangkai kaki ke 2 dan ke 3, untuk jantan ada selang kecil di tangkai kaki ke 5.

Harga indukan di pasaran bervariasi ada yang mencapai Rp 750.000 per pasangnya,tapi  rata-rata 6 jantan dan 4 betina minimal Rp 320.000, ada juga yang menjual perpaket dengan aquarium sama indukannya, sehingga pembeli bisa langsung praktek untuk memulai membudidakayan lobster.


Dibawah ini salah satu contoh indukan yang kami punya, bagi anda yang berminat untuk memulai usaha budidaya bisa memesan indukan kepada kami. Bantar sari, km 6 dari pusat kota Tasikmalaya, tlpn 0265 335583















12 comments:

  1. gimana cara mesan nya gimana,,di daerah mana ini..kontak nya ko g ada..

    ReplyDelete
  2. Di daerah Tasikmalaya, silahkan tlpn ke 0625 335583

    ReplyDelete
  3. mas mau tnya..., buat lobster yg ad digambar pling atas tu smpek brapa bulan baru bsa sebesar itu?? sblumnya trims....

    ReplyDelete
  4. Yang paling atas sekilonya 6-8 ekor, kurang lebih 10 bulanan. di kolam semen

    ReplyDelete
  5. bantar sari tuh sebelah mana kang saya juga dari tasikmlaya

    ReplyDelete
  6. Yang mau ke jalan galunggung, angkot nol 13, pertigaan gunung cihcir. kalau mau main-main ke rumah ahlan wasahlan.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum mohon info detail insyaalloh bisa terjalin kerjasama ini pin sy 5256597B slm yudi

    ReplyDelete
  9. maaf jual benih lobster air tawar gak?harga brp ukuran brp

    ReplyDelete
  10. Insha allah jual bisa kontak 0625335583

    ReplyDelete